jawaban UAS Sistem Informasi Dakwah

Jawaban
1. Enam alasan pentingnya sistem informasi bagi kegiatan dakwah, diantaranya:
a. Menghadapi segala sesuatu yang bervolume besar dan kecepatan tinggi.
b. Mempermudah pertukaran data antar organisasi.
c. Menyimpan informasi yang mudag diakses.
d. Meningkatkan efisiensidan efektivitas proses dakwah.
e. Mampu mengelola seluruh data atau informasi perkembangan dakwah maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatandakwah di lapangan.
f. Data dan informasi yang dihasilkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengarahan kebijakan dan keputusan stakeholders dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja program dakwah.
2. Sistem Informasi adalah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi dengan tujuan untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, da pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan sistem informasi: pertama, input adalah sekumpulan data mentah dalam organisasi maupun luar organisasi untuk diproses dalam suatu sistem informasi. Kedua, processing adalah konversi atau pemindahan, manipulasi dan analisis input mentah menjadi yang lebih berarti bagi manusia. Ketiga, output adalah distribusi informasi yang sudah diproses keamggota organisasi dimana output tersebut akan digunakan.

3. Empat dampak internet terhadap kualitas dakwah.
a. Memudahkan pengaksesan tanpa batas waktu dan tempat waktu tertentu.
b. Cakupannya tak terbatas dan luas sehingga siapa saja bisa mendapatkan informasi tersebut.
c. Pendistribusian data yang cepat, hanya dalam hitungan detik informasi yang disampaikan akan cepat tersebar.
d. Mad’u yang menjadi sasaran bersifat anonim dan bisa menjangkau berbagai segmen masyarakat pengguna internet.

4. Dakwah virtual adalah dakwah dengan memanfaatkan akses internet diisi dengan materi-materi agar umat Islam dapat memeroleh informasi keislaman secara imbang dan lebih cepat tanpa ada batas waktu dan tempat. Manfaatnya dakwah virtual dapat memproteksi pemakai internet agar memiliki pijakan moral dan nilai-nilai norma yang sesuai dengan ajaran dakwah islam. User/pengguna internet dapat mengakses berbagai situs islam dengan mudah.
5. Empat dampak komputer dan sistem informasi terhadap dakwah
a. Banyak ragam media untuk melakukan dakwah dan transformasi ajaran islam.yang disesuaikan dengan teknologi informasi yang berkembang saat ini.
b. Orang perkotaan dan pengguna internet lebih sering mencari solusi agama dari internet daripada sumbernya langsung, atau tokoh agama yang lebih faham terhadap masalah yang dihadapi umat.
c. Para pakar lebih memilih forum dakwah dengan memanfaatkan teknologi informasi dari pada membuat forum pengajian rutin.

6. LAN : adalah Local Area Network. merupakan jaringan internet local yang memiliki cakupan jangkauan yang sempit, biasanya terhubung dengan menggunkan kabel UTP dan RJ-45. dua buah komputer yang saling terhubung sudah termasuk dalam LAN.
Fungsi dari Komponen dasar LAN:
- Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
- Server
Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server. Server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.
- Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel. Adapun beberapa contoh dari link adalah:
1.Kabel Twisted Pair
2.Kabel Coaxial
3.Kabel Fiber Optic
- Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
- Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.

7. Topologi jaringan
Topologi jaringan adalah susunan lintasan aliran data didalam jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya. Berikut ini adalah beberapa topologi jaringan ini, yaitu:
a. Topologi Star
Beberapa simpul/node dihubungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani langsung dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer.
b. Topologi Hierarkis
Berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari komputer induk(host) dihubungkan dengan simpul/node lain secara berjenjang. Jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang dibawahnya.
c. Topologi Bus
Beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur data (bus). Masing2 node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yangberbeda namun semua mempunyai hierarki yang sama
d. Topologi Ring
Bentuk ini merupakan gabungan bentuk topologi loop dan bus, jika salah satu simpul/node rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data.
e. Topologi Web
Merupakan bentuk topologi yang masing-masing simpul/node dalam jaringan dapat saling berhubungan dengan node lainnya melalui beberapa link. Suatu bentuk web network dengan n node, akan menggunakan link sebanyak n(n-1)/2.

8. a. WAN : wide area network, merupakan jaringan komputer yang cakupanya lebih luas daripada LAN. WAN biasanya merupakan gabungan dari beberapa diseluruh dunia yang kita kenal dengan internet. Memiliki banyak sumber, penanganan data lebih komplek dan tidak dapat dipanggil secara offline (online). WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
b. MAN (Metropolitan Area Network). Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.
c. 3G (dibaca: triji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Third-Generation Technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). Salah satu alasan mengapa layanan 3G dapat memberikan throughput yang lebih besar adalah karena penggunaan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan data masukan yang hendak ditransimisikan disebar di seluruh spektrum frekuensi. Selain mendapatkan pita lebar yang lebih besar, layanan berbasis spektrum tersebar jauh lebih aman daripada timeslot dan/atau frequency slot.
d. Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bias ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan. sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

9. Mengapa sistem komputer begitu banyak kelemahannya? Jelaskan ancaman yang paling sering menyerang sistem informasi sekarang ini?
Sistem komputer banyak kelemahannya karena sistem komputer ini di buat oleh manusia, sehingga data-data rahasia yang sudah dimasukan kedalam komputer bisa saja terjadi pembobolan oleh orang-orang yang sudah memahami seluk beluk tentang sistem komputer (hardware, software).
10. Malware adalah Malware, secara umum, adalah program yang bersifat merusak komputer. Malware dibagi atas: virus, worm, trojan horse, spyware, backdoor, dan dialer/downloader. Perbedaan virus, worm, trojan :
a. VIRUS, adalah program yang merusak komputer dan sanggup menularkan dirinya. Virus biasanya disertakan pada program atau file, file inilah yang membantu penyebaran virus dari komputer ke komputer dan menginfeksinya. Virus komputer ini memiliki tingkat bahaya yang beragam, yang seperti kita ketahui diantaranya virus dapat merosakkan software, hardware maupun data-data anda
b. WORM, adalah program yang bisa memperbanyak dirinya sendiri hingga membebani memory. Worm ini merebak dari komputer ke komputer lain meskipun tanpa bantuan user sebagai pengguna komputer. Worm memanfaatkan file atau skrip transportasi informasi sistem komputer yang memungkinkan berpindah tanpa bantuan user. Perkara yg paling mengerikan dari kemampuan worm ini adalah mampu menduplikasi dirinya sendiri.
c. TROJAN adalah program yang merusak komputer secara diam-diam. Program ini nampak seperti software biasa. Setelah di install atau dijalankan, program tersebut akan merusakkan sistem. Ketika Trojan sudah aktif, efek yang ditimbulkan beragami, ada yang merubah penampilan desktop, icon sampai menghapus file tertentu didalam sistem komputer. Trojan juga dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi yang membuat user lain memiliki akses pada komputer tersebut. Tidak seperti virus dan worm, trojan tidak memproduksi dirinya sendiri.
11. Keuntungan dari menggunakan sebuah sisten informasi dakwah!
 pengambilan keputusan
 Penyusunan perencanaan
 Pengawasan
 Evaluasi
 Perumusan kebijakan
Berdakwah dengan menggunakan system informasi ini dapat memudahkan seorang da’I untuk dapat lebih mengenal karakteristik mad’u yang akan dihadapi.
 pesan moral
 dasar motivasi
 memilih materi
 memilih metode
 memilih media dan sarana
maka disini akan terbentuk sebuah peta dakwah melalui system informasi dakwah.
12. Model sistem informasi dakwah dan deskripsikan
















Sumber: Model Newwel Simon


Manusia sebagai pemakai dan pembuat sisteminformasi merupakan bagian integral dari sistem informasi. Pemahaman terhadap unsur manusia membantu memahami mengapa suatu sistem tridak cocok untuk setiap orang. Karena lingkungan juga mempengaruhi si penerima. Setiap mad’u akan berbeda penerimaannya tergantung dengan lingkungan yang masuk kedalam dirinya.Dalam bagan ini manusia memiliki tiga jenis memori atau sistem penyimpanan yangberbeda, yaitu:
a. Memori jangka panjang
b. Memori jangka pendek
c. Memori eksternal.
13. Karakteristik DSS (Decission Support System)
a. DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
b. Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
c. DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi.
d. DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.
Perbedaan DSS dan ESS
Decision Support Systems (DSS) adalah system yang berbasis computer, biasanya bersifat interaktif, dirancang untuk membantu manajer atau pembuat keputusan yang lain. DSS memasukkan baik data atau model untuk membantu pembuat keputusan dalam mengatasi masalah, khususnya masalah yang tidak terstruktur. DSS jarang dijustifikasi melalui pendekatan manfaat-biaya tradisional. Untuk system ini perlu memasukkan manfaat yang tidak tampak kedalam analisa sebelum dihasilkan justifikasi.
Executive Support Systems (ESS)
Membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di temapt-tempat yang bisa diakses seperti kantor.

Referensi:
Muhammad Fakhri Husein, SE dan Amin Wibowo, SE, MBA. System Informasi Manajemen. Ed. 1. Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN. Yogyakrta : 2000
Syarif Hidayatullah dan Zulfikar S. Dharmawan. Islam Virtual, Keberadaan Dunia Islam di Internet. Cet. 1. Mifta. Jakarta : 2003
Onno W. Purbo. TCP/IP Standar, Desain dab Implementasinya, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1999.
Asep Iwan Setiawan. Diktat Mata Kuliah Sistem Informasi Dakwah.
koernia05.wordpress.com/2008/12/22/sistem-informasi-penunjang-keputusan-decision-support-system/
/indice.blog.uns.ac.id/files/2010/05/mengenal-decision-support-system.pdf ages.irul27.multiply.multiplycontent.com

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Pengunjung

book room here
Powered by Best Free Counters

About this blog

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

YM

Visitor

free counters

Terjemah

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF